Tips Mempercepat Loading Blog WordPress

Apakah loading blog wordpress melambat? Mungkin tips mempercepat loading wordpress berikut ini bisa menjadikan solusi yang tepat untuk Anda. Melihat dari struktur dari mulai hosting, theme dan juga plugin memang wordpress adalah salah satu platform yang sangat berat namun begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat loading blog wordpress. Tips ini akan memberikan solusi bagi Anda yang sudah berusaha untuk memperkecil file namun kenyataannya blog wordpress masih saja berat ketika dimuat. Perlu Anda ketahui bahwa efek dari beratnya blog bisa mempengaruhi optimasi seo dan bahkan akan menurunkan trafik pengunjung. Hal ini tentu saja tidak Anda sukai bukan? Nah jika Adan tidak suka berarti Anda membutuhkan solusi agar website Anda lebih cepat untuk di muat baik menggunakan versi desktop atau mobile. Berikut ini Cara mempercepat loading blog wordpress yang harus Anda lakukan.

loading blog wordpress

Pilih Template Fast Loading

Mungkin bisa jadi blog wordpress Anda sangat berat karena pengaruh dari theme yang Anda gunakan. Sering kali kita terhipnotis melihat tampilan theme yang sangat menarik. Namun faktanya theme yang menarik bisa memberatkan loading blog wordpress. Tidak ada solusi yang lebih untuk mengatasi hal ini selain untuk mengganti theme Anda, Jadi pastikan bahwa Anda memilih theme yang benar-benar ringan sehingga akan lebih ringan ketika di muat.

Untuk sekarang ini sangat banyak theme yang di tawarkan untuk blog wordpress baik yang gratis atau pun berbayar namun sebaiknya Anda pertimbangkan untuk memilih theme wordpress dan satu lagi yang harus Anda lakukan adalah cek theme wordpress Anda menggunakan tool GTmatrix atau bisa gunakan google speed test sebelum Anda menggunakan theme tersebut. Cara ini akan mempermudah Anda untuk mengetahui theme mana yang baik dan paling cepat ketika akan Anda gunakan.

Install Plugin Cache

Apa Anda sudah menggunakan plugin cache untuk mengoptimalkan kinerja blog wordpress Anda? Jika belum kini waktunya Anda gunakan plugin cache untuk memperingan loading blog wordpress. Fungsi dari plugin cache ini sendiri sangat banyak hampir 75% pengguna wordpress terbantu adanya plugin ini untuk mempercepat loading blog wordpress mereka. Ini merupakan fitur yang tidak akan Anda dapatkan dari platform mana pun, Hanya wordpress saja memiliki fitur plugin cache gratis. Untuk menggunakan plugin cache sudah banyak yang membahas jadi Anda tidak perlu untuk mempelajari satu persatu untuk menggunakannya.

Install Plugin Wp-Optimized

Selain plugin cache untuk mempercepat loading blog wordpress ada satu plugin yang akan membantu Anda, yang gunanya tidak lain adalah untuk optimalkan kinerja website nama plugin ini adalah Plugin Wp-Optimized. dengan menggunakan plugin WP-Optimize  Anda akan terbantu untuk mengoptimalkan database secara otomatis selain itu plugin ini juga akan menghapus semua fungsi draf file yang kemungkinan akan memperbesar space hosting serta mengoptimalkan semua kinerja fungsi database. dengan menggunakan plugin Wp-Optimized Anda tidak perlu untuk keluar masuk PhpMyAdmin guna membersihkan dan mengoptimalkan tabel database Anda. Install plugin ini jika blog wordpress Anda terasa berat kemudian klik optimized maka semua tabel database akan dibersihkan secara otomatis.

Perkecil Ukuran Gambar

Image atau gambar sering kali membuat situs menjadi berat dan tidak banyak orang sadar bahwa yang mempercepat loading blog Adalah image yang berukuran besar. Nah jika Anda menggunakan image dengan ukuran besar kini waktunya Anda untuk memperkecil ukuran gambar tersebut. Caranya sangat mudah Anda bisa menggunakan software photoshop atau bisa juga menggunakan plugin Wp smush. Plugin ini akan memperkecil ukuran gambar secara otomatis ketika Anda upload gambar dan sampai saat ini plugin wp smush masih bekerja dengan baik untuk mengkonvert ukuran gambar menjadi kecil (support dengan versi wordpress sekarang dan sering di update).

Pilih Hosting Yang Handal

Jika semua hal-hal diatas sudah Anda lakukan namun tetap saja blog wordpress Anda lambat berarti ada satu hal yang harus Anda pertimbangkan yaitu tentang layanan hosting. Dalam hal ini tidak semua layanan hosting dengan kapasitas hosting besar dan unlimited bisa menjamin blog wordpress Anda di muat lebih cepat. Fakta dilapangan banyak penyedia hosting yang tidak sesuai dengan paket yang mereka berikan. Bahkan hanya isapan jempol saja supaya menarik pelanggan baru. Artinya apa? Mau uangnya saja.

Memilih web hosting sangat penting misalnya Anda pengguna wordpress pemula Anda ingin memiliki sumber daya yang cukup dan inginkan blog wordpress lebih cepat. Yang perlu Anda lakukan adalah survei pada penyedia hosting tersebut lihat berapa lama layanan penyedia hosting sudah tersebut sudah ada di internet dan sudah berapa banyak klien dari layanan hosting tersebut. Hal ini sangat penting untuk memilih hosting yang handal dan tepat.

Itulah beberapa Tips Mempercepat Loading Blog WordPress. cara-cara diatas adalah salah satu cara yang terbaik untuk mempercepat loading blog wordpress. Jadi sudah wajib bagi Anda untuk memiliki website yang mudah di akses, cepat dan stabil sehingga ketika Anda optimasi seo tidak sia-sia saja. selain itu pengunjung akan lebih suka dengan website Anda yang sangat ringan dimuat. Pada akhirnya jika situs Anda ringan akan banyak uang yang mangalir jika web Anda adalah web bisnis online. Semoga artikel ini membantu Anda untuk mempercepat loading blog wordpress. Silahkah lakukan tahap sedmi tahap seperti yang sudah kami informasikan.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *