Perbedaan Cloud Server, VPS dan Web Hosting

Mungkin banyak yang bertanya tentang Perbedaan Cloud Server, VPS dan Web Hosting hal ini cukup wajar sekali karena memang sebagian orang tidak tahu menahu tentang beberapa layanan hosting untuk sekarang. Perkembangan dunia website sangat pesat dan bisa dibilang untuk saat ini milyaran bahkan triliunan website menggunakan layanan hosting. Secara garis besarnya saja hosting adalah penampung dari semua script, teks, file, gambar dan video. ini pengertian dari pada hosting, Dan pertanyaannya bukan masalah hosting tapi Perbedaan Cloud Server, VPS dan Web Hosting. Nah jika Anda belum mengenal dari istilah ini semoga artikel ini akan membantu Anda untuk lebih tahu tentang VPS, Web Hosting dan Cloud Server. Berikut ini penjelasan singkat dari kami

Web Hosting

Perbedaan Cloud Server, VPS dan Web Hosting

Web Hosting adalah layanan internet yang menyewakan space aplikasi untuk digunakan sebagai salah satu sarana untuk membuat website. Anda akan diberikan kemudahan untuk membuat website menggunakan layanan web hosting. Biasanya anda diberikan fasilitas manajemen aplikasi seperti upload atau download file untuk web maupun database.

Platform yang disediakan oleh web hosting bervariasi mulai dari PHP dan database mySQL. Selain itu anda juga diberikan akun email dengan domain anda oleh penyedia layanan web hosting. Layanan web hosting terbilang paling murah bila dibandingkan dengan layanan hosting lainnya.

VPS Hosting

Perbedaan Cloud Server, VPS dan Web Hosting

VPS atau Virtual Private Server adalah alternatif dari layanan web hosting bila mana shared hosting sudah tidak bisa lagi untuk menampung kegiatan website Anda misalnya besar trafik kunjungan atau besarnya kapasitas file web Anda. Layanan VPS Hosting juga tersedia di pusat hosting.

Perbedaan VPS dengan web hosting adalah anda dapat mengelola server vps secara mandiri sehingga anda bisa menginstall applikasi sesuai dengan kebutuhan anda untuk dapat mengoptimalkan web bisnis online anda.

Untuk melihat bagaimana layanan VPS dari pusat hosting Anda bisa berkunjung ke halaman VPS MURAH. Semua kebutuhan tentang VPS Hosting sudah tercantum dengan jelas. Layanan VPS tidak hanya untuk web saja namun bisa juga digunakan untuk hosting Email bila mana Anda membutuhkan lebih banyak pengiriman email secara masal terutama bagi perusahaan yang setiap harinya mengirim email hingga ribuan. Layanan VPS email bisa Anda temukan di halaman VPS Email Server.

Cloud Server

Perbedaan Cloud Server, VPS dan Web Hosting

Untuk yang terakhir adalah Cloud Server. Melihat namanya saja tentu sudah tidak sama dengan web hosting atau VPS. Cloud Server merupakan layanan web hosting terbaru dan belum banyak yang menggunakan layanan ini karena dilihat dari biayanya Cloud Server memang sedikit mahal dari pada kedua layanan hosting diatas.

Teknologi cloud server memungkinkan beberapa server dijadikan  satu yang berfungsi sebagai storage (disk virtual), beberapa server lain (Host) dijadikan satu yang berfungsi sebagai computing node (CPU virtual). Pada platform cloud tersebut bisa berjalan beberapa server virtual.

Teknologi cloud juga memungkinkan sekumpulan server virtual membentuk suatu network VLAN seperti layaknya server-server fisik yang terhubung dengan LAN. Dimana tiap pelanggan memiliki secure VLAN masing-masing yang tidak bisa saling memasuki. ini salah satu kehebatan dari Cloud Server. Untuk itulah kenapa terbilang Cloud server ini sedikit mahal.

Selain itu Cloud Server juga memberikan anda kemudahan menaikan atau menurunkan resource server seperti jumlah Core CPU, maupun jumlah RAM sesuai kebutuhan web Anda atau biasa disebut On Demand.

Anda juga harus berhati-hati jika ada layanan yang mengaku Cloud Server terutama di Indonesia karena banyak sekali hosting indonesia memberikan layanan Cloud Server namun tidak bisa memberikan fasilitas On Demand karena teknologi ini yang membedakan dengan VPS hosting.

Pada layanan Cloud Anda masih bisa berlanganan 1 server, dengan harga yang sedikit mahal namun kualitas dari cloud ini tentu saja lebih baik karena infrastrukturnya sudah jelas dan terdiri dari beberapa server yang saling membackup satu sama lain.

Itulah Perbedaan Cloud Server, VPS dan Web Hosting. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih hosting. Semua fasilitas diatas untuk sekarang ini memang banyak diperbincangkan. Namun begitu memilih dan mempertimbangkan tentang layanan web hosting sangat diperlukan sekali untuk saat ini, Jangan pernah untuk tergiur dengan harga, Karena harga tidak akan lebih bagus dari kualitas.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *