Penyebab Mengapa Email Anda Masuk Spam?

Pusat Hosting – Mengapa email Anda masuk folder spam sehingga pemilik email tidak akan mengetahui kalau anda telah mengirimkan sebuah email? Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan email anda masuk spam folder.

Penyebab Email Masuk Spam

  1. Email Masuk Spam karena IP Masuk Spam Blacklist
  2. Email Masuk Spam Akibat Terjerat Konten Filter
  3. Email Masuk Spam karena Email Filter
  4. Email Masuk Spam Gmail Disebabkan Email Satu Arah

Email Masuk Spam karena IP Masuk Spam Blacklist

Hal yang paling umum bahwa email yang anda kirim masuk spam adalah disebabkan IP Address server email anda tidak mempunyai reputasi bagus atau mungkin telah masuk ke daftar blacklist spam sehingga email yang anda kirimkan akan selalu masuk dan masuk lagi ke folder spam.

Umumnya IP address yang masuk daftar blacklist spam atau yang kurang mempunyai legitimasi adalah ip address shared yang digunakan secara bersama-sama. Hal ini bisa terjadi karena kebutuhan user dalam mengirimkan email berbeda-beda meskipun telah memberlakukan beberapa level monitoring seringkali ip address shared tetap saja besar kemungkinan bisa masuk daftar spam.

Jika anda menemukan bahwa ip server anda telah anda gunakan terdaftar sebagai spam silahkan kontak provider anda untuk melakukan pembenahan, tapi nantinya meskipun ip address telah tidak masuk daftar blacklist spam ada hal ke-2 selanjutnya yang menyebabkan email anda tetap akan masuk spam yaitu.

Email Masuk Spam Akibat Terjerat Konten Filter

Coba saja anda kirimkan email ke Gmail atau Yahoo dengan subject dan konten mengandung kata-kata “viagra” dijamin email anda langsung akan masuk spam. Tidak percaya? coba anda buktikan sendiri.

Inilah yang dimaksud dengan Email masuk spam akibat terjerat konten filter, IP Address boleh bersih dan mempunyai legitimasi tapi kalau konten email anda berisi kata-kata “jorok” yang dianggap sebagai kata-kata “spam” maka tentu saja email akan tetap masuk spam.

Bagaimana cara mengatasi hal ini? tentu saja gunakanlah kata-kata yang tepat dalam konten email anda. Kemudian pastikan anda tidak menggunakan kata-kata yang masuk dalam kategori abu-abu meskipun perasaan anda sedang tidak bagus tapi jangan sampai sekali-kali menggunakan kata-kata “jorok” dalam konten email anda tersebut.

Email Masuk Spam karena Email Filter

Jika saya tidak suka email yang anda kirim mudah saja caranya, tinggal centang pesan email anda dan klik Mark As Spam kasus selesai dan email anda tidak akan masuk lagi di inbox email saya. Tapi jika masih saja membandel langsung saja saya bikin filter berbunyi “bahwa semua email yang terkirim dari alamat email anda akan langsung saya buang ke spam” ini bahasa saya ya, anda dapat mendefinisikan filter melalui email filter dan setelah anda melakukan filter maka dijamin 100% email tersebut tidak akan bisa masuk inbox dan langsung dibuang ke spam. Inilah yang dimaksud dengan Email masuk spam karena email filter.

Mengapa seperti ini? pengirim email dituntut berhati-hati dalam mengirimkan pesan jika tidak menginginkan email yang dikirim tragis masuk ke spam. Pengirim email yang baik biasanya mengirimkan email kepada seseorang yang telah saling mengenal dan tidak mengirim secara asal bahkan massal kepada orang yang sama sekali tidak dikenal. itulah sepertinya solusi pada point ke-3 ini.

Email Masuk Spam Gmail Disebabkan Email Satu Arah

Kami menemukan bahwa email masuk ke Spam Gmail disebabkan karena email tersebut terkirim satu arah. Misalnya domain yang baru di aktivasi kemudian melakukan pengiriman email ke pihak lain yang menggunakan email @gmail.com maka secara otomatis email tersebut akan masuk folder spam.

Tapi apabila penerima email @gmail.com tersebut membalas email anda maka kiriman email anda selanjutnya akan langsung masuk ke inbox @gmail.com penerima.

Semoga sedikit informasi ini dapat membantu anda untuk menemukan solusi masalah email masuk spam. Jika anda membutuhkan paket email hosting, Anda bisa manfaatkan paket hosting khusus untuk email detail infonya bisa klik di halaman email hosting

Dan seperti biasa jika ada pertanyaan atau ingin konsultasi gratis seputar masalah email maka silahkan kirim pertanyaan anda ke http://tanya.pusathosting.com kami akan senang sekali memberikan solusi terhadap masalah anda.

Didapat dari beberapa sumber :

  1. http://www.infusionblog.com/email-marketing/why-do-email-messages-go-to-spam/
  2. http://serverfault.com/questions/220113/why-my-emails-are-going-into-spam-folder
  3. https://help.aweber.com/entries/21738518-why-is-my-message-going-to-the-spam-folder
  4. http://www.clickz.com/clickz/column/2138429/understand-isp-level-email-filtering
Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

6 thoughts on “Penyebab Mengapa Email Anda Masuk Spam?

  1. Yohanes Trisnanto Wsu

    tdk usah ribet ribet kalau mau emailnya masuk ke folder inbox, caranya gampang saja masukka alamat email tsb ke daftar kontak anda dijamin kalau tdk difilter pasti masuk ke inbox, wokey……

  2. Djunaidi Exam

    (y) sip s7 Fakultas hukum
    tdk usah ribet ribet kalau mau emailnya masuk ke folder inbox, caranya gampang saja masukka alamat email tsb ke daftar kontak anda dijamin kalau tdk difilter pasti masuk ke inbox, wokey….

  3. Rama

    pagi pak Hadi,,terima kasih utk artikelnya,,tapi saya masih ada kendala di masalah ini..begini..:
    sy mempunyai usaha baru dgn website baru,,tetapi setiap customer yg akan melakukan pemesanan kamar ,,email yg masuk,,selalu lambat dan selalu masuk lewat SPAM…tetapi klo email yg sudah sy masukan ke daftar kontak tentu masuk ke inbox,,yg jadi pertanyaan dan mohon solusinya,,kenapa email yg baru atau kontak yg baru selalu masuk ke SPAM..adakah jalan keluar atau solusinya..? oh ya,,sebagai bahan catatan,email yg masuk lewat website saja yg masuk ke spam..klo customer yg langsung email,,tidak masuk ke spam…apakah ada hubungan nya dgn websitenya..?
    mungkin klo pak nya mau coba,,silahkan klik web saya purihostel.com

    mohon bantuan nya pak HADI,,terima kasih sebelumnya
    081805405565

  4. Hadi Suwantoro Post author

    Biasanya beberapa hal yang perlu dicek adalah.

    1. IP terblokir di rbl atau tidak.
    2. SPF dan DKIM
    3. Konten / isi pesan emailnya.

    Tapi kalau masih masuk spam biasanya dari ip addressnya dan mau tidak mau harus ganti ip address yang tidak terfilter gmail.
    hanya saja untuk mencari ip yang bersih seperti itu agak susah pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *