Rekomendasi 5 Plugin Backup WordPress per Agustus 2016

Halo rek , akang-akang , para saudara yang sedang mendalami wordpress saat ini. Sekedar mereview , jadi akhir-akhir ini saya coba untuk mencari plugin apa yang kira-kira jika di gunakan untuk backup data website wordpress saya bisa enak. Jadi simak penjelasan review saya di bawah ini yuk :

  1. BackWPup
       Dimuali dari plugin yang nomer satu ini , yaitu BackWPup (Link : https://wordpress.org/plugins/backwpup/) . beberapa fitur menarik yang cukup membuat anda terbantu dalam proses back up anda adalah :

    • Penggunaan plugin yang cukup mudah di bantu oleh video tutorial yang sudah cukup jelas.video tutorial backwpup
    • Detail backupnya lumayan atau bisa saya bilang lengkap sekali. Mulai dari settingan jenis-jenis data yang ingin di upload apa saja , kemudian cron job untuk menjalankan proses backup sesuai dengan waktu yang anda inginkan , dan juga anda bisa mendownload file bakcup yang sudah anda buat untuk disimpan pada komputer local anda. Berikut tampilan dari fitur yang diberikan :
      cron job backwpup
    • Sejauh ini untuk kekurangan dari plugin ini saya belum menemukannya. Mungkin proses restore data saya kira yang masih harus di lakukan secara manual.
  2. BackUpWordPress
    Sepertinya plugin ini adalah plugin tersimple sejauh ini ya , karena menu-menu untuk proses backup nya sudah di buat se minimalis mungkin , sehingga kita tinggal menjalankan saja jenis data apa saja yang akan di upload , kemudia proses backup harian mingguan bulanan untuk cron jobs nya , dan exclude files menu yang dapat memudahkan anda untuk menandai file/folder mana saja yang tidak akan di backup. Berikut tampilannya kurang lebih :
    menu utama plugin backupwordpress jenis backup backupwordpressSayangnya saking simple nya , plugin tidak mememberikan fitur selengkap pada plugin kita sebelumnya seperti :

    • Terbatasnya ukuran file yang bisa di backup. untuk daily max file size yang bisa di backup sekitar 400MB , untuk weekly atau monthly hanya 179MB. terlalu pelit ya soal ukuran file yang bisa di backup.
    • Tidak adanya jenis-jenis kompressi data sql. Padahal ini cukup membantu apabila database kita ukurannya sangat besar.
    • Backup ke selain server hosting belum bisa di dapat kecuali anda membeli ekstensi tambahan seperti backup to Dropbox akun anda sebesar $24.Tapi kalau untuk mem backup data website kecil-kecil an saya rasa fitur yang di tawarkan sudah cukup lah yah , mengingat fitur dari pluginnya sendiri sangat minimalis.
      Link : https://wordpress.org/plugins/backupwordpress/
  3. UpdraftPlus
    Ini nih plugin , simple interface tapi nggak simple feature. Suka banget sama plugin ini. Yuk di ulas apa saja sih kehebatannya :

    • Plugin ini memiliki fitur restore dan juga clone/migrate. Luar biasa kan
    • Jadwal backup yang bisa di sesuaikan. Dalam hal ini penggunaan cron job nya ada yang harian , mingguan , ataupun bulanan
    • email log backup notification , dan juga yang tidak kalah kerennya untuk versi free saja , backup sudah bisa di kirim ke akun dropbox ataupun google drive anda.
      fitur updraftplusitu untuk kelebihannya ya , kalau bahas kelemehannya susah juga sih buat jelasinnya , tapi dari diagram ini setidaknya kita tahu fitur apa saja yang tidak dimiliki oleh plugin ini :
      free vs pro updraftplusLink  : https://wordpress.org/plugins/updraftplus/
  4. Duplicator
    untuk plugin yang satu ini , kayaknya nggak banget deh kalau dari saya pribadi. Menurut saya ini plugin bukan untuk proses backup data , namun sebagai tool migrasi website dari local ke  server hosting. Cara penggunaan nya yang cukup rumit dan interface yang akan membuat bingung para pengguna wordpress pemula.
    interface plugin duplicatorkalau anda lihat pada plugin tersebut , itu adalah langkah-langkah dalam memproses perpindahan data website nya dari satu server ke server lain. Ribet banget sumpah. Jadi saya tidak merekomendasikan untuk menggunakan plugin yang satu ini deh. Mungkin kemudahannya baru terasa apabila anda mencoba versi pluginya yang pro karena fitur umum yang saya jelaskan pada plugin-plugin sebelumnya baru ada di plugin ini ketika dalam versi pro.
    full version plugin duplicator
    oke lanjut ke plugin terakhir kita ya , apakah plugin terakhir ini mampu mengalahkan fitur dari kakak-kakaknya sebelumnya 🙂 . check it out
  5. WP-DB-Backup
    Pada pembahasan plugin terakhir ini , sesuai dengan namanya aktifitas atau proses yang bisa dilakukan oleh plugin ini adalah untuk mem back up core database wordpressnya.
    fitur wp db backup 1
    fitur wp db backup 2seperti yang anda lihat pada gambar di atas , beberapa fitur nya diantara lain :
    pemilihan database yang akan di backup , pengaturan jadwal back up otomatis / cron job , backup option untuk lokasi penyimpanan file hasil dari backup anda. Tidak ada yang spesial pada plugin ini , namun saya juga tidak menganggap ini tidak penting , karena sangat bermanfaat apabila pada website anda mengalami blank page atau error yang sudah terlalu mendetail , anda bisa mengembalikan ke settingan database anda pada versi yang lebih stabil.Yap namun sayangnya fitur restore tidak di sediakan oleh plugin ini jadi anda harus melakukannya secara manual seperti plugin no.4 diatas. Kalau disuruh bandingkan mana yang lebih baik antara no.4 dengan no.5 saya terpaksa memilih nomer 5.

Kesimpulan : dari 5 plugin backup yang sudah saya jelaskan di atas. saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan UpdraftPlus , karena pada versi free nya saja fiturnya sudah cukup lengkap untuk menghandle kebutuhan  dalam membackup website wordpress anda , dan juga menu-menu plugin nya yang user interface mudah di gunakan oleh pengguna wordpres awam seperti saya ini.

Terima kasih telah sabar membaca artikel ini , semoga bermanfaat bagi anda yang masih bingung buat cari-cari plugin mana ya yang cocok untuk membantu pekerjaan backup website saya.  Sampai jumpa & selamat mencoba

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Subscribe / Langganan Artikel

Nama

Email Address

Dapatkan Info terbaru via Feedburner

Masukan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *