Memahami Istilah dalam Web Statistik Google Analytic

PH Web Hosting Indonesia – Kali ini kami akan membahas masalah seputar istilah dalam layanan web statistik gratis dari google yaitu Google Analytic.

Jika anda belum menggunakan Goolgle Analytic maka kami sarankan anda untuk menggunakannya mulai saat ini. Jika anda belum tahu cara daftarnya, silahkan anda baca penjelasan kami pada artikel 5 Tahap Menggunakan Google Analytic

google analytic

Istilah dalam Google Analytic

  1. Visit
    Yang dimaksut Visit adalah total pengunjung yang mengunjungi website anda.
  2. Page View
    Yang dimaksud dengan Page Views adalah total halaman yang ditampilkan di website anda.
  3. Pages / Visit
    Yang dimaksud dengan Page / Visit adalah rata-rata setiap pengunjung ketika mengunjungi website anda. Nilai tersebut di dapat dari pembagian Pageviews / Visits = Pages / Visits
  4. Bounce Rate
    Yang dimaksud dengan Bounce Rate adalah prosentase pengunjung yang membuka website anda hanya 1 halaman saja. Perhatikan pada metrik Visit yaitu 384 dengan Bounce Rate 63% maka total pengunjung yang hanya membuka satu halaman saja adalah sebesar 384 x 0,63 = 241 pengunjung.
  5. Avg. Time on Site
    Yang dimaksud dengan Avg. Time on site adalah lama total waktu yang dihabiskan pengunjung ketika browsing mengunjungi website anda.
  6. New Visit
    adalah total prosentase pengunjung baru yang sebelumnya belum pernah mengunjungi website anda.

Apa yang harus anda Perhatikan?

Jika saat ini anda hanya melihat metrik Visits dan Pageviews sebagai ukuran keberhasilan website anda,  dan sepertinya itu kurang lengkap jika anda tidak melihat metrik Bounce Rate.

Nilai Bounce Rate yang rendah menandakan website anda sangat bermanfaat dan sebaliknya nilai Bounce Rate yang tinggi menandakan website anda kurang diminati pengunjung.

Itulah pembahasan tentang Istilah dalam google analytic kali ini, sampai jumpa pada topik lainnya.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *