Ini Dia 7 Plugin SEO Terbaik Untuk WordPress

wordpress-plugin

Saat ini WordPress telah menjelma menjadi salah satu CMS terbaik dengan jumlah pengguna tertinggi di dunia. Fleksibilitas, kemudahan serta stabilitasnya menjadikan wordpress menjadi “most popular cms blog” dibandingkan dengan CMS yang lain. Tak salah kalau WordPress saat ini telah digunakan oleh minimal 634 juta blog pada tahun 2012 dan sampai tahun ini bertambah lagi sekitar 60 juta blog. Dan 48 blog dari 100 blog paling top di seluruh dunia ternyata menggunakan WordPress sebagai engine dari blog mereka.

Yoast SEO

Apa sih keunggulan WordPress sehingga membuatnya menjadi begitu digandrungi para blogger di dunia? Salah satunya dsalah kemudahan dalam bidang SEO. Istilah SEO tentu sudah tak asing lagi bagi para blogger maupun internet marketer. Kemudahan dalam SEO inilah salah satu alas an yang menjadikan WordPress menjadi CMS paling top saat ini.

Salah satu yang membuat WordPress powerful adalah adanya plugin. Dan untuk urusan SEO, ada beberapa plugin SEO yang mampu mengoptimasi setiap postingan pada WordPress sehingga lebih SEO friendly.  SEO pada dasarnya merupakan cara agar konten blog lebih mudah terindeks serta mendapatkan ranking yang bagus pada search engine. Apa saja faktor yang memperngaruhi perankingan Google? Antara lain konten, pagerank, link, kecepatan loading blog serta berbagai faktor lainya.

7 Plugin SEO Terbaik untuk WordPress

1. WordPress SEO by Yoast

Plugin SEO Yoast ini memang benar-benar powerful untuk urusan SEO. Plugin ini memiliki banyak fitur yang mencakup berbagai aspek SEO serta memberikan rambu-rambu agar kita memberikan konten yang berkualitas. Plugin ini akan memaksa And auntuk fokus kepada keyword pada setiap konten yang Anda buat. Beberapa fitur penting dari Yoast SEO adalah insert meta tag otomatis, XML sitemap, breadcrums, optimasi RSS, edit .htaccess serta robot.txt serta berbagai fungsional lain.

2. All in One SEO Pack

AIO SEO Pack merupakan plugin SEO yang banyak digunakan para Blogger, ada 2 versi dari plugin ini yang pertama All in One SEO Pack (gratis) dan All in One SEO Pack Pro (berbayar) Fitur dari AIO SEO Pack antara lain adalah integrasi dengan Google Analytic, optimasi judul pada search engine, canonical url, meta tag dan berbagai fitur lain seperti untuk menghindari duplicate content serta integrasi dengan WP e-commerce.

3. SEO Ultimate

SEO Ultimate merupakan plugin yang mirip dengan All in One SEO Pack tetapi ada sedikit perbadaan antara keduanya. Plugin ini akan membantu Anda dalam rewirite title tag, meta description dan juga membantu Anda dalam memebrikan anchor tect untuk membuat internal link maupun external link. Plugin ini juga dilengkapi rich snippet generator, 404 monitor, slug optimizer, link mask creator, permalink tweaker serta canonicalizer.

4. FV Simpler SEO Pack

Mungkin belum banyak pengguna WordPress yang menggunakan plugin ini. Akan tetapi, FV Simpler SEO Pack merupakan llugin yang lebih sederhana dan mudah dalam penggunaan disbanding plugin sejenis yang lain. Seperti kita tahu saat ini keyword pada meta data telah diabaikan oleh search engine karena maraknya blogger menggunakan keyword stuffing untuk mengakali search engine. Maka FV Simpler SEO Pack mencoba meniadakan beberpaa fitur yang saat ini dirasa sudah tidak perlu lagi.

5. Scribe

Scribe merupakan salah satu plugin SEO yang powerful. Plugin ini dilengkapi dengan fitur content marketing tool untuk riset, interaksi dan optimisasi. Scribe dapat membantu Anda untuk mengetahui topik mana yang mendapatkan banyak perhatian dari pengunjung. Scribe akan sangat membantu jika Anda membuat sebuah blog authority dan tentu saja hebatnya plugin ini kompatibel dengan semua plugin SEO yang di sebutkan disini.

6. SEO Friendly Images

Plugin ini benar-benar sangat membantu dalam optimasi gambar pada konten blog Anda. SEO Firendly Image akan memberikan title serta ALT pada gambar yang sangat SEO friendly, sehingga kemungkinan gambar akan muncul apda halaman pertama pencarian akan semakin besar.

7. Google XML Sitemap

Seperti kita tahu sitemap merupakan salah satu aspek SEO yang sangat penting, karena dengan sitemap search engine semacam Google, Yahoo maupun Bing mampu mengindeks web Anda dnegan lebih baik. Sitemap atau petas situs akan memberikan navigasi kepada search engine untuk membaca struktur website Anda dengan lebih baik.

Selamat mencoba ke-7 Plugin Seo terbaik wordpress ini, semoga bermanfaat.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Subscribe / Langganan Artikel

Nama

Email Address

Dapatkan Info terbaru via Feedburner

Masukan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru:

26 thoughts on “Ini Dia 7 Plugin SEO Terbaik Untuk WordPress

  1. Alvi

    Banyak yang bilang WP SEO by Yoast itu perfect banget buat SEO
    tapi ane tetep setia pake All In One SEO Packs 😀

  2. Alvi

    saya hanya menggunakan 3 dari 7 plugin yang disebutkan diatas
    selama ini saya menggunakan AIOSP untuk optimasi on page
    rencananya mau coba WP SEO by Yoast untuk optimasi blog baru
    mudah2an lebih joss daripada AIOSP 😀

  3. wahyu

    jika menggunakan lebih dari sati SEO di satu domain bermasalah ga?
    misalnya install YOAST dan All in one PACK SEO di satu domain WP?

  4. Dean

    Saya pake AIO Seo trus coba2 instal yoast juga ternyata sitemapnya bentrok yaudah ane tetep pilih AIO aja semoga pilihan tepat deh

  5. Bangkit

    bagaimana dengan squirly seo ?, tampaknya plugin ini juga tidak kalah seperti yoast tapi peminatnya baru sedikit jika dibandingkan dengan yang disebutkan di atas

  6. centralperkasaplus

    bos mau tanya klau saya menggunakan plugin plugin berikut
    Akismet,
    Alexa Rank Widget,All In One SEO Pack,
    Google Analytics Dashboard for WP,Hostgator WalkMe Plugin,
    StatPress,
    TinyMCE Advanced,WordPress Ping Optimizer,WP Super Cache,Yoast SEO
    tolong gan mana yang baik aku gunakan dan mana yg saya buang….tolong jawabannya gan makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *