Lindungi Website / Blog WordPress dari Hacker Sekarang juga!

encrypt

Banyak tips trik yang membahas tentang tentang cara melindungi blog wordpress dari hacker, tapi sadar tidak sadar kadang sesuatu terjadi memang diluar kendali alias luput dan jika seperti itu yang terjadi bagaimana solusinya? kami coba melihat dari sisi yang berbeda.

Ketika Website / Blog WordPress anda diserang Hacker maka disini Anda hanya akan dihadapkan pada satu Solusi? Apa itu?

BACKUP, betul kan? kalau data sudah rusak kena deface dll mau bagaimana lagi file backup blog wordpress anda adalah solusi satu-satunya mengembalikan blog anda secara utuh. Meskipun misalnya serangan kelihatannya hanya berupa merubah themes atau menyisipkan sedikit kata, tapi kemungkinan hacker telah meletakkan  file-file yang berbahaya dan jika pada waktunya tiba bisa jadi website anda akan di JEBOL lagi.

Apa yang harus anda lakukan?

  1. Pertama – Coba ingat-ingat apakah anda menyimpan data backup blog anda, jika iya coba upload dan restore website anda dari data backup tersebut.
  2. Kedua – Tanyakan kepada provider web hosting anda, kalau anda pakai jasa hosting pusat hosting langsung tanya saja, apakah menyimpan data backup? jika iya langsung saja minta restorekan dari data backup tersebut.
  3. Ketiga – Minta bantuan ke pihak provider web hosting anda kalau anda pakai jasa hosting pusat hosting jangan sungkan tanya dan minta untuk melakukan scanning semua file website atau blog anda karena bisa jadi ada file-file yang tersisa dan bisa menjadi maslaah dikemudian hari.

Sudah melakukan 3 hal tersebut dan blog WordPress anda kembali normal, jangan berhenti sampai disini. Anda bisa menerapkan teknik lain seperti yang sudah kami sampaikan pada artikel memperlambat ulah hacker yaitu teknik melakukan proteksi pada file konfigurasi website anda.

Proteksi Khusus Blog WordPress dari Hacker

  1. File konfigurasi di set permissionnya ke 444 atau 644
  2. File konfigurasi di encrypt sehingga siapa-pun tidak bisa membaca file konfigurasi website anda.
    Sistem proteksi ini bertujuan untuk mengamankan database anda agar tidak sampai dihapus juga oleh hacker.

Proteksi Blog WordPress dengan Plugin Security

  1. Aktifkan plugin Timthumb Vulnerability Scanner
  2. Aktifkan plugin WordPress Firewall
  3. Aktifkan plugin Bulletproof Security

dan proteksi blog wordpress lainnya secara umum bisa anda temukan tips triknya berterbaran di google, tapi saya yakin inilah yang paling penting.

  1. Backup Blog WordPress anda secara berkala sehingga ketika hacker menyerang anda sudah siap dengan data cadangan.
  2. Download dan simpan file backup di tempat terpisah dengan server hosting karena kalau hacker sudah bisa akses ke file-file blog anda, maka  pasti hacker akan menemukan file backup yang anda simpan disana.
  3. Konsultasi dan tanyakan kepada provider web hosting anda atau anda bisa langsung tanya ke pusat hosting apakah mereka provider menyediakan backup rutin atau tidak. Kalau pusat hosting menyediakan data backup mingguan dan bulanan.

Dari sini anda sudah boleh lega tapi tetap waspada karena di internet tidak ada satu pun yang aman, yang bisa anda dan kami lakukan adalah berusaha menutupi lubang-lubang kelemahan yang umunya sadar atau tidak sadar telah ada dan terjadi. Singkatnya yuk belajar dari pengalaman.

Sampai disini sesi artikel Lindungi Website / Blog WordPress dari hacker semoga semua bisa mengambil manfaatnya.

wordpress hosting

 

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

6 thoughts on “Lindungi Website / Blog WordPress dari Hacker Sekarang juga!

  1. bisnis ukm

    Mantab gan tipsnya.., saya pelanggan dari Pusat Hosting.., semoga blog saya aman dari hacker.., walaupun blog saya jelek tp kalo kena hacker ya pusing juga.., tanks tipsnya

  2. Jefry

    Bahaya seklai kalau blog bisa diterobos oleh hacker
    Trims atas ulasannya, saya akan makin memperkuat keamanan blog wp saya
    Sukses selalu buat pusathosting.com…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *