11 Alasan Pengunjung Meninggalkan Website

Sebagai pemilik website, Anda telah menyajikan konten yang menarik untuk website Anda dan dengan strategi pemasaran yang tepat, website Anda pun telah mendapatkan trafik pengunjung. Namun permasalahannya mengapa begitu sedikit konversi pengunjung menjadi pelanggan / pembeli atau kenapa pengunjung meninggalkan website Anda tanpa ada konversi?

 Alasan Pengunjung Meninggalkan Website

Mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan / pembeli memang tidak mudah, banyak faktor-faktor khusus yang harus dipertimbangkan. Di sisi lain, banyak celah kesalahan yang dapat menyebabkan pengunjung meninggalkan website Anda tanpa ada konversi, yaitu sebagai berikut:

Desain Website Sudah Usang

Desain website usang akan menurunkan tingkat kepercayaan konsumen dan menyebabkan pengunjung meninggalkan website Anda tanpa konversi. Cobalah periksa apakah desain website Anda terlihat usang seperti 5-10 tahun ke belakang? Atau terlihat membosankan? Bila iya segeralah mendesain ulang website Anda. Baca juga: Kesalahan Membuat Desain Website

Pengunjung Meninggalkan Website Karena Kesulitan Membaca Konten

Ukuran font, warna font, warna background, dll, sebaiknya dibuat senyaman mungkin pada mata pengunjung. Pengaturan yang membuat sakit mata akan menyebabkan website sepi pengunjung.

Menggunakan Plugin Usang

Penggunaan plugin versi terbaru akan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna, termasuk meningkatkan SEO suatu website.

Situs Anda Penuh Dengan Iklan

Tak perlu dipungkiri keberadaan iklan seringkali mengganggu pembaca. Iklan yang terlalu banyak dan penempatan yang mengganggu pembaca seperti “pop up”, melayang, menutupi konten, dsb akan membuat pengunjung meninggalkan website Anda cepat-cepat dan bila dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan website sepi pengunjung.

Video Auto Play di Situs

Seperti halnya iklan, video yang terputar secara otomatis tanpa seijin pengunjung akan menyebabkan pengunjung meninggalkan website Anda dengan segera.

Struktur Navigasi Tidak Jelas

Penggunaan navigasi yang tidak jelas pada sebuah situs selain dapat menyebabkan pengunjung meninggalkan website Anda juga berdampak buruk pada SEO. Untuk pengaturan navigasi yang lebih baik, cobalah tempatkan diri Anda sebagai pengunjung website Anda lalu tanyakan apakah Anda berhasil menemukan informasi yang terstuktur / terorganisasi dengan baik? Bila belum segeralah tata ulang navigasi website Anda.

Baca: Panduan Optimasi SEO On Page Lengkap

Terlalu Menonjolkan Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan pendaftaran yang terlalu ketat akan membunuh tingkat konversi dan memberikan pengalaman buruk pada pengguna. Jadi periksa lagi apakah setiap persyaratan pendaftaran tsb memang benar-benar diperlukan?

Website Anda Lambat

Website yang sulit dibuka akan menyebabkan pengunjung meninggalkan website Anda. Ingatlah para pengunjung sangat memerlukan informasi yang cepat.

Tidak Ada “Call To Action”

Tidak adanya tindakan yang harus dilakukan setelah melihat sebuat konten di website Anda / call to action akan membuat pengunjung meninggalkan website Anda tanpa konversi.

Link Konten Yang Tak Sesuai

Link yang mengarah ke halaman yang tak sesuai dengan harapan pengunjung akan membuat pengunjung meninggalkan website Anda. Oleh karena itu pastikan link yang Anda tempatkan di website Anda sesuai dengan judulnya / teks nya.

Tidak Responsif

Update algoritma pada perangkat mobile mengharuskan Anda mengganti desain website menjadi responsif agar memudahkan pengguna perangkat mobile dapat mengakses website Anda.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Subscribe / Langganan Artikel

Nama

Email Address

Dapatkan Info terbaru via Feedburner

Masukan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *