4 Cara Membangun Kepercayaan Bisnis Anda

Dunia bisnis online adalah dunia yang penuh dengan persaingan. Semakin banyaknya promosi yang dilakukan dalam sebuah media seringkali membuat para konsumen kebingungan dalam memilih merek produk yang mereka butuhkan. Konsep strategi pemasaran yang tepat harus dilakukan oleh perusahaan untuk keluar sebagai pemenang dalam kompetisi tsb. Sebagai pemilik usaha bisnis, kita tidak harus menggunakan strategi pemasaran semata-mata hanya sebagai kemampuan untuk menjual sesuatu namun sebagai saluran untuk membangun hubungan dalam rangka membangun kepercayaan bisnis Anda. Baca juga: Strategi Pemasaran Website Yang Tepat

4 Cara Membangun Kepercayaan Bisnis Anda

Ada 4 cara membangun kepercayaan bisnis Anda sebagai bagian dari strategi pemasaran yang harus Anda lakukan, yaitu:

Membangun Hubungan Emosional

Membangun hubungan emosional merupakan salah satu cara membangun kepercayaan bisnis Anda. Perlu diingat konsumen kita adalah orang cerdas dan mereka akan selalu berharap banyak pada produk / layanan yang mereka pilih. Oleh karena itu untuk membangun kepercayaan bisnis Anda, maka perlu dibuat teknik dan strategi pemasaran dengan menjalin hubungan emosional yang lebih dari sekedar produk atau layanan itu sendiri namun lebih ke gairah / passion dari perusahaan. Semua hubungan ini dapat dibina melalui konten yang lebih pribadi, bermakna dan relevan.

Konten yang Anda berikan pada para pengunjung harus mengutamakan keaslian cerita dan transparansi sehingga akan terbangun hubungan emosional yang kuat dengan bisnis Anda. Pesan dalam konten harus mampu disampaikan dengan keyakinan, tidak hanya dari direktur tetapi juga semua yang terlibat dalam konten tsb.

Untuk membangun kepercayaan bisnis Anda, konten yang dimunculkan tidak hanya untuk promosi produk semata namun harus dilengkapi dengan simpati dan sensitivitas untuk hal-hal yang penting untuk pelanggan Anda.

Baca juga: Kesalahan dalam Pemasaran Konten

Hubungan emosional pasti berasal dari keaslian tetapi juga berasal dari kepentingan bersama. Anda dapat juga menempa hubungan emosional untuk membangun kepercayaan dengan cara mensponsori atau bergabung dengan kegiatan masyarakat walaupun itu di luar niche Anda.

Cara Membangun Kepercayaan Bisnis Dengan Mendengarkan dan Menanggapi Umpan Balik dari Konsumen

Saat Anda benar-benar mendengarkan seseorang, Anda tidak hanya membangun kepercayaan dengan orang tsb namun juga mendapatkan rasa hormat dari dia. Begitu pula dalam kaitannya dengan bisnis, saat Anda mendengarkan segala umpan balik dari pengunjung / konsumen Anda maka Anda akan dapat membangun kepercayaan bisnis Anda lebih dalam lagi. Pada tingkatan ini, para pelanggan Anda akan menulis tentang Anda, memberitahu teman mereka tentang Anda dan bisnis Anda. Ya betul mereka akan melakukan pekerjaan untuk mempromosikan bisnis Anda tanpa Anda minta sekalipun.

Untuk membangun kepercayaan bisnis Anda, Anda dapat melakukan survey langsung pada para pelanggan untuk mencari tahu secara langsung apa yang pelanggan Anda inginkan dan selanjutnya memberikan tindakan nyata terhadap keinginan pelanggan tsb. Tindakan yang Anda lakukan akan menunjukkan kepada mereka apa yang Anda dengarkan dari mereka, rasa peduli Anda, pemberian nilai dan dukungan terhadap uang mereka untuk membeli produk / layanan Anda.

Masukkan Hubungan Menjelang Konversi

Konversi sangat penting bagi seorang pebisnis, baik itu perubahan dari pengunjung menjadi pembeli atau perubahan dari pengunjung menjadi pelanggan. Konversi yang tinggi tentu sangat diharapkan oleh setiap pebisnis dan hal ini dapat tercapai saat Anda membangun kepercayaan bisnis Anda.

Dalam sebuah buku yang berjudul “Izin Pemasaran”, Seth Godin telah mempelopori ide strategi pemasaran konten untuk meningkatkan konversi yaitu dengan memberikan sesuatu yang bernilai sehingga memotivasi pengunjung untuk memberikan alamat emailnya pada Anda. Alamat email ini yang kemudian dapat digunakan kegiatan promosi seperti email marketing atau newsletter. Namun masalahnya adalah, kita bersaing untuk mendapatkan perhatian di antara begitu banyak suara di internet, sehingga mendapatkan konversi yang dimaksud semakin sulit. Ya, konsumen sudah memiliki akses ke banyak konten dan sudah lelah dengan kiriman email dari merek lainnya.

Dari situasi inilah muncul ide strategi pemasaran konten lainnya untuk meningkatkan konversi yaitu dengan mengoptimalkan hubungan dengan konsumen, dan tidak melakukan konversi. Memberikan konten gratis tanpa pamrih akan membantu membuat koneksi abadi dengan para pengunjung dan membangun kepercayaan bisnis Anda. Orang-orang akan tahu ketika Anda tidak menjadi asli dan hanya ingin mendapatkan balasan. Saat kepercayaan tsb telah terbentuk maka mereka (para pengunjung) akan rela memberikan alamat email mereka untuk berlanggan produk Anda.

Jika Anda ingin membangun kepercayaan bisnis Anda maka fokuslah pada pelanggan Anda dan sediakan apa yang mereka butuhkan.

Membangun Kepercayaan Bisnis dengan Menepati Janji

Sebagaimana dalam kehidupan sehari-hari, menepati janji dalam dunia bisnis mampu membangun kepercayaan bisnis Anda. Setiap strategi pemasaran, promosi, semua yang Anda katakan dan sampaikan tentang bisnis Anda adalah janji. Setiap konversi, setiap kali mereka memilih untuk membeli, download, atau berlangganan adalah perjanjian. Anda berjanji untuk memberikan sesuatu yang bernilai atau peduli tentang hal-hal tertentu atau untuk bekerja menuju tujuan tertentu; sementara mereka berjanji untuk terlibat dengan Anda sebagai hasilnya.

Bagaimana Anda memenuhi janji Anda akan menentukan apa yang terjadi selanjutnya pada bisnis Anda, apakah Anda membangun hubungan atau Anda akan kehilangan pengunjung / pelanggan?

Saat Anda tidak mampu menepati janji Anda maka kepercayaan yang telah terbangun dapat rusak dan sulit untuk diperbaiki lagi. Saat kepercayaan sudah tidak ada lagi maka bisnis Anda telah mengalami kegagalan.

Penggunaan iklan sebagai salah satu teknik dan strategi pemasaran memang dapat membantu merek Anda menonjol untuk sesaat. Namun untuk mendapatkan pelanggan yang setia, Anda harus mampu membangun kepercayaan bisnis Anda dengan 4 cara di atas.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Subscribe / Langganan Artikel

Nama

Email Address

Dapatkan Info terbaru via Feedburner

Masukan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *