3 Kesalahan Jualan Online Sistem Dropship

Anda mungkin telah memutuskan untuk membuat toko online dan menjadi bagian bisnis e-commerce. Pertanyaan pertama yang harus Anda jawab sebelum membuat toko online adalah semua yang berkaitan dengan produk Anda seperti apa yang akan Anda jual, darimana Anda akan mendapatkannya dan bagaimana caranya Anda memperoleh produk tsb untuk dijual ke pelanggan Anda. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh para pelaku bisnis online adalah melakukan jualan online sistem dropship, artinya Anda hanya menjadi perpanjangan tangan penjual tanpa harus memikirkan segala stok dan proses pengiriman barang. Pada jualan online sistem dropship, saat pelanggan Anda membeli produk yang Anda jual maka Anda akan menghubungi distributor / supplier untuk mengirimkan produk tsb ke konsumen Anda atas nama Anda.

3 Kesalahan Jualan Online Sistem Dropship

Cara jualan online sistem dropship seringkali menjadi pilihan karena merupakan bisnis online tanpa modal. Bila Anda ingin sukses jualan online sistem dropship, berikut ini adalah beberapa kesalahan umum jualan online sistem dropship yang harus Anda hindari:

Mengharapkan Produk Anda Terjual Sendiri

Cara jualan online sistem dropship otomatis menempatkan Anda pada ruang kompetitif / penuh saingan, karena banyak pesaing Anda yang memilih jualan online sistem dropship dengan produk yang sama atau mirip. Sebuah kesalahan bila Anda berpikir setelah menempatkan produk tsb di toko online Anda maka produk tsb akan terjual dengan sendirinya.

Saat Anda memutuskan untuk jualan online sistem dropship, maka Anda harus menggunakan semua waktu yang biasanya digunakan untuk penyiapan stok dan pengiriman barang dengan melakukan pemasaran dan optimasi SEO. Kedua poin tsb merupakan elemen penting untuk mengarahkan trafik pengunjung ke toko online Anda. Baca juga: Strategi Pemasaran Website Yang Tepat

Terlalu Mengandalkan Satu Supplier atau Tidak Melakukan Penilaian Terhadap Supplier

Anda akan memiliki masalah logistik / penyiapan stok bila Anda terlalu mengandalkan satu supplier tanpa ada back-up nya. Bagaimana jika supplier tsb menaikkan harga mereka secara sewenang-wenang? Atau mereka memutuskan untuk berhenti berkerja sama dengan Adna? Selalu memiliki supplier / pemasok alternatif akan membantu Anda mengatasi kesalahan pada jualan online sistem dropship tsb.

Penting juga untuk melakukan penilaian terhadap pemasok baru, apakah layanan yang mereka berikan sesuai dengan kualitas yang Anda harapkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa supplier tsb tidak akan menjadi masalah pada Anda saat jualan online secara dropship.

Terlalu Memusingkan Tarif Pengiriman Pada Jualan Online Sistem Dropship

Berurusan dengan tarif pengiriman bisa merepotkan, sekalipun Anda mengirimkan semua pesanan Anda dari satu lokasi apalagi bila Anda menggunakan supplier dengan berbagai lokasi gudang atau menggunakan beberapa supplier.

Biaya pengiriman / ongkos kirim yang tinggi seringkali membuat seseorang membatalkan pesanan / pembeliannya. Agar Anda tidak menghabiskan banyak energi untuk masalah ongkos kirim ini maka Anda dapat memberikan ongkos kirim flat atau gratis pengiriman. Kedua strategi tsb terbukti dapat meningkatkan konversi jualan online sistem dropship Anda. Tentu saja agar Anda tidak merugi, maka kompensasi biaya pengiriman tsb dapat dimasukan ke dalam harga jual.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Subscribe / Langganan Artikel

Nama

Email Address

Dapatkan Info terbaru via Feedburner

Masukan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *