10 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog / Website

Cara menghasilkan uang dari blog / website dapat dilakukan oleh siapa saja asalkan Anda memiliki blog / website dan tahu caranya. Berikut ini adalah 10 cara menghasilkan uang dari blog / website yang perlu Anda ketahui sebagai bahan referensi Anda:

10 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Mengikuti Program Iklan (PPC dan CPM)

PPC atau pay per click yaitu suatu program iklan di mana kita akan mendapatkan penghasilan bila ada pengunjung yang mengklik iklan tsb. Salah satu program iklan yang menggunakan model ini adalah Google Adsense. Sementara CPM atau cost per mille adalah suatu program iklan di mana kita akan mendapatkan penghasilan bila iklan tsb sudah tayang 1000 kali. Agar Anda berhasil menghasilkan uang dari blog / website dengan cara ini maka Anda harus memiliki trafik kunjungan yang banyak.

Memasang Iklan Secara Langsung

Bekerja sama dengan perusahaan yang mau menempatkan iklannya di situs Anda memerlukan waktu yang lebih panjang namun biasanya lebih menguntungkan daripada cara menghasilkan uang dari blog / website melalui PPC atau CPM. Pada cara ini, Anda perlu mengidentifikasi bisnis / perusahaan yang mungkin tertarik pada target audiens Anda. Tentu saja Anda perlu menghubungi mereka secara langsung dan menjual ruang di blog / website Anda.

Pemasaran Afiliasi

Cara menghasilkan uang dari blog / website dengan program afiliasi adalah Anda memasang link aktif di situs Anda, kemudian bila ada pengunjung situs Anda mengklik link tsb maka cookie link tsb akan memberitahu penjual bahwa calon pembeli tsb berasal dari situs Anda. Bila pengunjung tsb melakukan pembelian maka Anda akan mendapatkan komisi yang berupa persentase dari hasil penjualan.

Pemasaran Melalui Email

Untuk menghasilkan uang dari blog / website dengan cara ini maka Anda harus dapat membangun daftar email pengguna blog / website Anda. Kemudian Anda dapat menggabungkan cara lainnya dalam daftar ini untuk menghasilkan uang dari pemasaran melalui email.

Baca: Manfaat Email Marketing Untuk Bisnis Online

Menjual Konten Berkualitas

Membuat konten berkualitas merupakan cara menghasilkan uang dari blog / website lainnya.

Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Menjual Produk Digital

Anda dapat menciptakan produk digital seperti ebook lalu dijual melalui situs Anda, atau Anda dapat membuat webinar atau training online.

Menjual Produk Fisik

Selain dengan menjual produk digital, Anda pun dapat menghasilkan uang dari blog / website dengan menjual produk fisik yaitu dengan membuat toko online di situs Anda.

Baca: 5 Strategi Membuka Toko Online Yang Sukses

Menjual Jasa

Selain menjual produk, Anda pun dapat menjual jasa sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari blog / website Anda, misalnya sebagai pelatih, konsultan, MC, dll.

Review Produk

Cara menghasilkan uang dari blog / website lainnya adalah dengan menyediakan jasa review produk. Namun pastikan Anda tetap jujur pada pembaca Anda agar situs Anda tidak kehilangan kepercayaan dari pengunjung Anda.

Menjual Situs

Cara terakhir untuk menghasilkan uang dari blog / website adalah dengan menjual situs itu sendiri. Agar Anda berhasil dalam cara ini maka Anda harus dapat membuat website yang menarik dan mendapatkan pengunjung yang banyak.

Itulah 10 cara menghasilkan uang dari blog / website yang dapat Anda coba. Apapun pilihan Anda, ingatlah tidak ada cara menghasilkan uang secara instan tanpa usaha.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *