Penjelasan Berbagai Macam Jenis Malware

Chapa NO MALWARE

Mungkin anda sudah familiar dengan kata-kata “Malware” tapi apa saja jenis malware atau deskripsi dari malware itu sendiri.[mwm-aal-display]

Apa itu yang dimaksud Malware?

Malware adalah program kecil atau software yang difungsikan untuk mencari kelemahan sistem komputerisasi misalnya mencuri data, membuat hang program/komputer anda, menembus sekuriti komputerisasi dan lainya. Malware banyak macamnya sesuai dengan fungsinya berikut ini adalah penjelasan berbagai macam jenis malware.

Macam Jenis Malware

  1. Adware
    Adalah jenis malware yang bertujuan untuk periklanan, misalnya ketika anda browsing tiba-tiba anda disuguhkan iklan popup, atau ketika membuka halaman browser langsung otomatis keluar form pencarian asing yang tidak biasanya. Adware biasanya didapatkan dari program gratisan yang telah anda download di internet dan anda install di komputer anda. maka itu selektiflah download program dari internet
  2. Bot
    Adalah jenis malware yang difungsikan untuk berjalan dan bekerja secara otomatis terus menerus untuk tujuan tertentu misalnya membuat komputer anda hang, membuat disk space hardisk anda penuh, mengirimkan spam ke email atau website atau membuat password anda jebol.
  3. Rootkit
    Adalah jenis malware yang difungsikan untuk mengendalikan sistem komputerisasi tanpa diketahui oleh pemilik dari sistem tersebut. Malware jenis ini dapat merubah konfigurasi file, mencuri data penting anda termasuk berbagai data rahasia anda.
  4. Spyware
    Adalah jenis malware yang difungsikan untuk memata-matai aktifitas pengguna sistem komputerisasi. Biasanya malware ini bertujuan untuk mendapatkan password dan data-data penting anda.
  5. Trojan Horse
    Adalah malware yang cara kerjanya yaitu menyamarkan file, folder atau program seperti layaknya applikasi aslinya. Ketika pengguna menjalankan malware ini maka komputer anda dapat terinfeksi dan ketika terinfeksi maka memungkinkan pihak lain untuk mendapatkan akses ke sistem komputer anda secara remote.
  6. Worm
    Adalah jenis malware yang berkembang di network atau di komputer anda yang difungsikan untuk membuat komputer atau network anda hang. biasanya worm ini dapat menduplikasi dirinya dan menyebarkan diri secara otomatis.
  7. Virus
    Adalah jenis malware yang berkembang dan dapat menduplikasi dirinya sendiri. Virus biasanya menyebar di komputer atau menyisip ke program-program applikasi.

Demikian adalah berbagai macam jenis malware yang tersebar diantara kita, semoga anda dapat semakin jeli dalam memilih program yang akan anda install atau anda jalankan di komputer anda.

 

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Subscribe / Langganan Artikel

Nama

Email Address

Dapatkan Info terbaru via Feedburner

Masukan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru:

About Hadi Suwantoro

Sehari-hari ya bagian Monitoring, Review, Pembuat dokumentasi, Penulis tutorial dan Googling. Circle me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *