Selamat Hari Suci Waisak 2558 – 15 Mei 2014

waisak

Kami Pusat Hosting menyampaikan Selamat hari suci Waisak 2558 – 15 Mei 2014 “semoga semua makhluk turut berbahagia”

Apa Itu Hari Waisak?

Umat Buddha sering menyebut Hari Raya Waisak dengan hari raya Trisuci Waisak. Karena Waisak memperingati tiga peristiwa penting yang semuanya terjadi di bulan Vesakha dalam waktu yang sama yaitu tepat disaat bulan purnama.

Apa saja tiga hari penting itu?

1. Kelahiran Pangeran Sidharta:

Adalah Pangeran Sidharta putra dari seorang raja yang bernama Raja Sudodhana yang terlahit dari seorang permaisuri yang bernama Ratu Mahamaya, beliau lahir di taman Lumbini pada tahun 623 Sebelum Masehi. Pangeran Sidharta lahir kedunia sebagai seorang Bodhisatva ( Calon Buddha, Calon Seseorang Yang Akan Mencapai Kebahagiaan Tertingggi ).

2. Pencapaian Penerangan Sempurna:

Pangeran Sidharta pada usia 29 tahun beliau pergi meninggalkan Istana dan pergi menuju Hutan untuk mencari Kebebasan dari usia tua, sakit, dan mati. Kemudian Pada saat Purnama Sidhi di bulan Waisak Pertapa Sidharta mencapai Penerangan Sempurna dan mendapat gelar Sang Buddha.

3. Pencapaian Parinibbana:

Pada usia 80 tahun Sang Buddha Wafat atau Parinibbana di Kusinara. Semua mahkluk memberikan penghormatan kepada Sang Buddha dan begitu juga Para anggota Sanggha , mereka bersujud sebagai tanda penghormatan terakhirnya kepada Sang Buddha.

Apa hikmah hari raya Waisak?

Pengembangan cinta-kasih kepada setiap makhluk hidup, merenungi segala perbuatannya dan setiap saat selalu hidup dengan rasa cinta-kasih tanpa kebencian, seperti yang tertulis di dalam Dhammapada, “Kebencian tidak akan selesai jika dibalas dengan kebencian, tetapi hanya dengan memaafkan dan cinta-kasihlah maka kebencian akan lenyap.”

Sumber : perempuandpdri.org

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Subscribe / Langganan Artikel

Nama

Email Address

Dapatkan Info terbaru via Feedburner

Masukan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru:

About Hadi Suwantoro

Sehari-hari ya bagian Monitoring, Review, Pembuat dokumentasi, Penulis tutorial dan Googling. Circle me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *