Mengukur Reputasi Email Meminimalisir Masuk Spam

email deliver-pusathosting

Bagaimana cara mengukur reputasi email untuk mendapatkan deliversiasi yang lebih tinggi dan agar tidak mudah masuk ke spam folder? Pengukuran reputasi email dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini antara lain :

  1. Reputasi Domain & Server Email
  2. Authentikasi / Authorisasi Email
  3. Konten Email

1. Reputasi Domain & Server

Pengukuran berdasarkan reputasi domain dan server penjelasannya berikut ini :

Reputasi email berdasarkan Nama Domain

  • Reputasi berdasar umur nama domain yaitu semakin tua umur domain semakin tinggi reputasinya
  • Reputasi berdasar masa expired nama domain yaitu semakin lama anda mendaftarkan nama domain, misalnya domain anda baru akan expired 5 tahun kedepan maka reputasinya akan lebih tinggi daripada domain yang 1 tahun lagi expired.
  • Reputasi turun disebabkan aktifitas spamming. Misalnya anda mempunyai website kemudian lama tidak anda monitor dan akhirnya di hack dan hacker memanfaatkan untuk mengirim email spamming yang pada akhirnya akan menurunkan reputasi domain anda.
    Bagaimana cara dengan segera mengetahui bahwa email server anda digunakan sebagai aktifitas spamming? Jika anda menggunakan layanan web hosting atau email hosting kami biasanya akan terdapat email notifikasi atas penggunaan email berlebih atau solusi lain yaitu melakukan forwarding email bounce ke email aktif karena umumnya aktifitas spamming beriringan dengan informasi bouncing email.

Reputasi Server Email

  • Reputasi IP Address server email. Jika anda membeli share hosting umumnya anda adalah menggunakan ip shared yaitu berbagi dengan pelanggan lainnya sehingga apabila ada pelanggan lain yang melakukan aktifitas spamming bisa jadi anda akan kena getahnya.
    Solusinya apa? solusinya gunakan dedicated ip dimana hanya anda sendiri yang menggunakan ip tersebut untuk selanjutnya anda membangun ip tersebut menjadi ip yang terpercaya.
  • Reverse DNS (rdns), yaitu hostname untuk ip address server email anda dan rata-rata provider hosting telah mensetting reverse dns sesuai dengan nama domain provider hostingnya tersebut, tapi jika anda ingin mempunyai rdns custom dan lebih mempunyai legitimasi yaitu sesuai dengan nama domain anda, maka anda bisa memesan IP Dedicated.
    Jika anda pelanggan kami yang telah mengambil salah satu paket hosting atau email hosting maka silahkan pesan menggunakan form pemesanan ip dedicated selanjutnya anda bisa mengajukan setting custom RDNS dengan mengisi form setting rdns
    Ingin mengecek status RDNS? gunakan Check dengan tools ini

2. Authentikasi / Authorisasi

Sistem authorisasi yang umum yaitu menggunakan SPF (Sender Policy Framework)  merupakan sistem validasi yang akan menentukan apakah email anda adalah email legitimate atau tidak. Validasi SPF memanfaatkan verifikasi melalui DNS dengan record TXT (wiki). Ingin mengecek status SPF domain? coba gunakan tools ini  http://mxtoolbox.com/spf.aspx

3. Konten Email

Untuk masalah konten, kemarin sempat kita bahas Tips untuk membuat konten email agar tidak masuk spam dan beberapa hal penting dapat disimpulkan untuk mendapatkan konten yang akan meningkatkan delivery adalah dengan membuat konten email yang tidak mengandung kata-kata yang biasa digunakan oleh spam sebagai contoh seperti daftar phrase kata yang akan diblokir oleh Spamassasin silahkan cek disini daftarnya http://spamassassin.apache.org/tests_3_3_x.html

Dari 3 item penjelasan diatas, Bagaimana Reputasi Email Anda?

Referensi

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Sender_Policy_Framework
  • http://www.gettingemaildelivered.com/the-importance-of-reverse-dns-rdns-for-good-email-deliverability
  • http://www.slideshare.net/lbertelli/webinar-emailmarketing201netprospex0309
Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Subscribe / Langganan Artikel

Nama

Email Address

Dapatkan Info terbaru via Feedburner

Masukan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru:

About Hadi Suwantoro

Sehari-hari ya bagian Monitoring, Review, Pembuat dokumentasi, Penulis tutorial dan Googling. Circle me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *