Perlambat Ulah Hacker dengan Encrypt file Konfigurasi Website

encrypt

Kami melakukan pengecekan dan menemukan beberapa website yang sempat di deface oleh hacker. Analisa kami kebanyakan aksi yang dilakukan adalah memanfaatkan celah keamanan yang terdapat pada website atau CMS tersebut kemudian hacker menyusupkan beberapa file yang sering dikenal sebagai PHP shell.

PHP Shell ini punya berbagai fungsi seperti melakukan penetrasi server dan mencari celah lubang keamanan server dan yang paling sering adalah mencari letak file konfigurasi website target.

Jika file konfigurasi tersebut berhasil ditemukan dan file tersebut berisi konfigurasi akses ke database, maka tentu hacker akan sangat leluasa melakukan akses ke database anda dan menguasai website anda untuk selanjutnya merubah tampilan website anda dalam istilah lain melakukan Deface halaman website anda.

Sebagai langkah pencegahan Anda bisa memperlambat kerja Hacker ini dengan melakukan enkripsi pada file konfigurasi website anda sehingga meskipun hacker telah berhasil menemukan file konfigurasi website anda dan membukanya, tapi hacker akan bekerja 2 kali untuk melakukan decrypt file konfigurasi yang sudah anda enkripsi.

Memang solusi ini bukan final, tapi minimal memperpanjang 1 langkah lagi.

Pertanyaannya, Bagaimana cara melakukan Encrypt nya?

Banyak software enkripsi yang beredar luas, salah satunya ioncube yaitu sofware enkripsi yang sudah banyak digunakan dan hampir setiap server hosting melakukan installasi loadernya agar bisa membaca file yang telah di enkripsi dengan software ioncube.

Untuk pribadi memang harga lisensinya terbilang mahal sekitar $199, tapi untuk anda klien kami jika membutuhkan untuk melakukan enkripsi file konfigurasi website anda silahkan segera hubungi kami.  Kirim email ke support@pusathosting.com

Semoga dengan melakukan enkripsi file konfigurasi website, Anda bisa sedikit mengurangi aksi hacker yang mencoba melakukan penetrasi pada website anda.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *