Hati-hati ada yang mengintip data di Komputer anda

Ada yang bilang ini namanya default share, yaitu share yang secara automatis dibuat oleh system operasi berbasis windows NT/2000/XP/2003. Fungsinya, sama persis sperti system sharing pada umumnya memungkinkan proses pengaksesan data dari tempat lain, komputer lain atau dimana saja dengan catatan masih terhubung dengan LAN/WAN. Default share ini atau saya singkat saja ya DS ini terselubung artinya DS ini hidden atau tidak kasat mata.

Dimana posisi DS?

Anda mau mencoba, silahakan, mari kita coba.

Lakukan langkah-langkah sebagai berikut

         Pastikan anda sudah mendapatkan informasi mengenai komputer yang sedang anda pakai saat ini yaitu berupa Computer Name (CN) atau IP Address.

         Contoh nama computer saya adalah hadipc dengan IP Address 172.10.62.115

         Lakukan START -> RUN masukan hadipcd$ atau 172.10.62.115d$

Apa artinya d$?

Artinya d merupakan drive hardisk anda sedangkan symbol $ adalah symbol dari DS itu sendiri. Anda bisa merubah-rubah sesuai dengan drive apa saja yang terdapat pada computer anda. Contoh computer saya mempunyai 3 drive yaitu C , D dan E maka masing-masing drive akan bisa diakses dengan menggunakan C$, D$, dan E$.

Pada level-level tertentu misal pada Pada Level Administrator anda akan mempunyai exklusif akses berupa full akses sehingga dapat melakukan perubahan, penghapusan terhadap data pada computer target yang diakses menggunakan fungsi ini.

Apa yang anda dapatkan?

Jika anda telah mencoba dan memasukkan pada TextBox Run sesuai dengan text diatas maka, umumnya akan keluar Window yang menanyakan Username & Password untuk mengakses, maka itu cobalah dengan menggunakan nama dan ip computer anda sendiri.

Berhasilkah??

Illegal Access, Ngintip Dikit dunk ach?

Awalnya Ndak tahu konsep Microsoft seperti apa, yang pasti system seperti ini memungkinkan orang lain dapat mengintip data anda tapi catatannya tentu anda harus mempunyai data user pada computer target dan hal ini tidak berlaku untuk Administrator.

Sama aja bo ongg??? Hahaha… Memang iya. Tapi minimal anda tidak akan repot minta share sana sini jika anda suatu waktu membutuhkan data dikomputer anda padahal anda berada jauh dari tempat dimana computer anda berada. Nah sekarang tahu kan konsepnya Microsoft memudahkan anda untuk mengakses drive anda dari tempat lain tanpa perlu melakukan share ulang pada folder tertentu.

 

Yang lain cukup diketahui juga yaitu menurut keterangan para ahli system ini sering menyebabkan lubang keamanan sehingga memang memungkinkan terjadi pengintipan dan pencurian data bisa terjadi. Beberapa ahli melakukan pemblokiran DS dengan cara melakukan perubahan registry dan ada pula yang menggunakan Third Party Software karena mereka merasa system tersebut cukup riskan untuk dibiarkan berjalan.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

3 thoughts on “Hati-hati ada yang mengintip data di Komputer anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *